REKANAN

Followers

umpan balik

Waktu Sholat Hari ini

Mempercepat Loading Blog

Image representing Google as depicted in Crunc...Image via CrunchBase

Ide mempercepat loading blog ini berawal dari kondisi sebelumnya bahwa blog saya sangat lambat sekali tampil atau loading kalau diakses, bukan berarti sekarang sangat cepat loading nya lo! Banyak upaya saya lakukan agar loading blog saya bisa lebih cepat. Saya Tanya ke Om google tentang cara mempercepat loading blog dan saya dapatkan banyak jawaban, diantaranya agar loading blog bisa cepat maka ada beberapa kemungkinan yang bisa dilakukan, antara lain:

1. compress file css, javascript
2. penggunaan widget yang tidak perlu
3. script pemutar musik, animasi, flash/multimedia
4. penggunaan image/banner
5. merampingkan kode css
6. dan lain-lain

Dalam kesempatan ini saya akan membahas apa yang telah saya lakukan yaitu mempercepat loading blog dengan merampingkan kode css. Jika anda ingin mengetahui cara lai untuk mempercepat loading blog, mungkin lain waktu bisa dibahas lagi di blog ini. Jadi teruslah berkunjung ke sini, he he he.
Wah, terlalu panjang ya ngobrolnya. Kalau begitu langsung saja pada inti permasalahannya.
Untuk mempercepat loading blog dengan merampingkan kode css, anda harus melakukan beberapa hal.

PERTAMA

Anda harus membuat blog baru di tempat lain, misalnya di http://sites.google.com/, seperti yang saya lakukan. Fungsi blog baru itu hanya untuk tempat upload kode css yang diambil dari kode css di template blog anda. Adapun cara buat blog baru di google site silahkan anda pelajari sendiri di dalam situs-nya. Jangan kawatir, tidak sulit kok.

KEDUA

1. Log in di blogger anda. Klik tata letak--> edit HTML. Tidak perlu mencentang Expand Template Widget. Selanjutnya cari kode seperti di bawah ini:

body {
font: 78.5%/1.6em "Lucida Grande", "Lucida Sans Unicode", verdana, geneva, sans-serif;
word-spacing:2px;
color:#444;
margin:20px;
background:url(https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgF0mdl5-y55fDP5bRKbWgWVbxlg_cI_UK9xOQzIV2ujB0qVXESmxR_hb7_Mxyp1P2fgFSEgbm2QmrjsugFbHBfmpVKztaHzZiUTJm0rLX1fEfo5gIxUmgYqJ4t82jnorZzqCkZewJySU5z/s1600/1377.png) #f6f6f6;
}
* {
margin:0;
padding:0;
}
#outerwrapper {
background:#fff;
border:3px solid #f1f1f1;
max-width:1200px;
width:expression(this.width > 320 ? "320px" : this.width);
min-width:760px;
margin:0 auto;
}
* html #wrapper
{

Dan seterusnya sampai kode di bawah ini:

}
.showpageNum a:link,.showpage a:link {
text-decoration:none;
color:#333333;
}

]]></b:skin>
</head>

Catatan:
ini hanya contoh template yang saya ambil dari milik saya. template di blog anda mungkin berbeda, tapi saya yakin bahwa perbedaannya tidak terlalu jauh, seandainya ada.

2. Potong atau cut Kode yang berwarna merah dan paste di notepad, terus simpan di hardisk anda dengan ekstensi .css, misalnya kerjausahainternet.css. selanjutnya upload file tersebut ke blog yang baru anda buat di google site tadi. Setelah selesai upload, cari link file yang baru saja anda upload itu. Setelah ketemu, untuk memanggil kode CSS yang anda upload di google site itu, tulislah dengan pola seperti di bawah ini:

<link href='http://sites.google.com/site/surewelltemplate/template/templatetrueniceblog.css?attredirects=0' rel='stylesheet' type='text/css'/>

Yang berwarna merah adalah link file hasil dari upload.

3. Letakkan pola tersebut di dalam template blogger anda di atara kode:

]]></b:skin>
---------------------
</head>


Sehingga akan menjadi seperti ini:

]]></b:skin>
<link href='http://sites.google.com/site/surewelltemplate/template/templatetrueniceblog.css?attredirects=0' rel='stylesheet' type='text/css'/>
</head>

KETIGA

Simpan template

Selesai!
Untuk membandingkan kecepatan loading blog anda sebelum dan sesudah anda lakukan tips di atas, ukur dulu loading blog anda dengan alat ukur online di http://www.iwebtool.com/speed_test

Tambahan: Harus anda perhatikan, sebelum anda merubah setting template blog anda seperti dibahas di atas , sebaiknya download dulu template blog anda. Sehingga jika ada masalah dalam melakukan perubahan ini, anda masih bisa menggantinya lagi dengan template semula. Inilah yang saya lakukan untuk mempercapat loading blog milik saya. selamat mencoba. Semoga kecepatan loading blog anda benar-benar dapat meningkat.

Selanjutnya silahkan anda baca juga kiat membuat loading blog tetap ringan dengan upload gambar ke server lain.

Reblog this post [with Zemanta]

Baca Artikel Terkait berikut ini:



3 comments:

CariWawasan!!! said...

keren posting'a cuy..........

toytoy said...

wah ini artikel yang sy cari..mksh ya artikelnya..

Mushlihin said...

Masih perlu dikaji...

Post a Comment