REKANAN

Followers

umpan balik

Waktu Sholat Hari ini

MEMILIH LAYANAN BLOG YANG TEPAT

Image representing Blogger as depicted in Crun...Image via CrunchBase

Memilih layanan hosting blog adalah sebuah keputusan penting sebagai upaya keberhasilan dan kesuksesan blog. Penentuan pilihan itu sangat penting sebagai persaratan dasar kegiatan blogging. Setiap layanan blog memiliki keunikan sendiri. Namun demikian, jika pilihan kita terhadap layanan blog itu tepat, maka dia akan dapat berfungsi dengan tepat pula.

Memilih layanan blog yang tepat

Ada dua pilihan untuk mencari layanan blogging. Pertama adalah layanan self-hosted blogging (biasanya berbayar), dan yang kedua adalah layanan free-hosted blogging (gratis). Dibandingkan dengan layanan free-hosted blogging, layanan self-hosted blogging memiliki satu keunggulan utama yaitu layanan self-hosted blogging memungkinkan blogger untuk memilih nama domain nya sendiri. Berikut adalah beberapa rincian tambahan setiap platform untuk membantu dalam memilih layanan blogging yang tepat.

Layanan Self-hosting Blog:

Layanan ini cocok bagi blogger yang ingin membuat blog profesional atau komersial. Layanan pada Platform ini memberi kemudahan bagi blogger untuk memilih nama domain yang sesuai dengan tujuannya dan membangun blog yang sesuai dengan nama domainnya itu. Selain nama domain yang selektif, layanan self-hosting blog juga memungkinkan blogger untuk memiliki kontrol penuh atas desain dan tampilan blog. Keuntungan lain dari layanan self-hosting blog adalah bebas plug-in yang membuat tampilan blog lebih fleksibel. Layanan self-hosting blog yang paling populer saat ini adalah Wordpress.org, Movable Type, dan Serendipity. Layanan Self-hosting blog memang agak rumit dan membutuhkan pengetahuan teknis yang tinggi untuk membangun dan mengelolanya.

Layanan Free-hosting Blog:

Layanan blog yang free-hosting memungkinkan blogger untuk membuat dan mengelola blog bebas biaya atau gratis. Dengan demikian, blogger dapat berkonsentrasi pada posting dan konten, bukan pada bandwidth dan penyimpanan. Membuat dan menerbitkan sebuah blog di layanan free-hosting blog terbilang sangat mudah dan tidak memakan waktu. Blog dari layanan jenis ini juga lebih mudah dan cepat diindeks oleh search engine atau mesin pencari dibandingkan dengan blog dari layanan self-hosting blog. Jasa layanan free-hosting yang paling popular adalah Blogger.com, Wordpress.com, MSN Spaces, dan TypePad (Pro dan micro). Layanan Free-hosting blog agak kurang dalam memberikan kendali atas blog, dan lagi layanan jenis ini sering tidak dapat memperoleh peringkat halaman yang lebih tinggi bila dibandingkan dengan self-hosting blog.

Dalam memilih layanan blog yang tepat, Blogger perlu memiliki pemahaman yang jelas tentang maksud dan tujuan dari kegiatan blogging nya. Sebelum memilih salah satu dari layanan blog yang ada, sangatlah penting memahami kekurangan dan kelebihan dari semua layanan blog tersebut. Demikian sekelumit cara dalam memilih layanan blog.

Semoga bermanfaat


Langkah Serta Cara Membuat Dan Bikin Blog Di Blogspot
cara mendaftar kumpulblogger



Related articles by Zemanta




Reblog this post [with Zemanta]

Baca Artikel Terkait berikut ini:



0 comments:

Post a Comment