REKANAN

Followers

umpan balik

Waktu Sholat Hari ini

Terjemah (Translate) Otomatis Halaman Web Dan Blog Dengan Google Tootlbar

Internet Explorer 6 running on Linux in Wine.Image via Wikipedia

Beberapa waktu yang lalu di dalam blog ini telah membicarakan terjemah (translate) halaman web atau blog di sini dan di sini. Kalau cara terjemah (translate) pada pembahasan yang lalu hasil terjemah atau translate akan tampil dengan membuka tab baru, untuk pembahasan kali ini bahasa hasil terjemah (translate) akan otomatis mengganti bahasa asli web atau blog di halaman itu juga.

Apa yang kita butuhkan untuk melakukan terjemah (translate) seperti itu? Anda hanya membutuhkan sebuah google toolbar yang dapat diinstall secara online. Proses install nya sangat mudah dan flexible karena ketika install berlangsung software tersebut akan secara otomatis mendeteksi browser yang anda gunakan. Maksudnya jika pada saat proses install anda menggunakan browser IE (internet explorer), maka google toolbar hasil instalasi akan terbuka hanya dengan IE, begitu juga jika anda menggunakan browser Mozila Firefox.


Bagaimana Cara install toolbar itu? Cara melakukan install adalah sebagai berikut.

1. Kunjungi alamat ini: http://www.google.com/intl/id/toolbar/ff/index.html

2. Klik Install google tootlbar, maka anda akan dibawa ke halaman persetujuan.

3. Di sebelah bawah kotak persetujuan klik agree and install.

4. Tunggu proses install sampai selesai. Proses install berlangsung cepat apalagi kalau internet anda punya bandwidth besar maka proses install akan sangat cepat (kilat).

Setelah proses install selesai anda akan diminta untuk melakukan restart browser. Klik restart browser dan tunggu browser terbaka kembali. Ketika browser terbuka anda akan menyaksikan sebuah toolbar baru dari google. Lihat gambar di bawah ini. Toolbar paling bawah dimana terdapat tombol translate yang kami lingkari merah adalah google toolbar hasil instalasi yang baru anda lakukan.



Sekarang anda bisa mencoba menerjemahkan sebuah halaman blog atau web dengan toolbar tersebut. Caranya buka sebuah halaman blog atau web. Setelah halaman blog atau web terbuka klik tombol translate yang ada di toolbar itu. Tunggu sampai muncul sebuah toolbar di bagian atas webpage (dilingkar merah). Lihat gambar:



Toolbar itu memberitahukan bahwa terjemah yang dilakukan secara default (otomatis) adalah ke dalam bahasa inggris. Jadi jika anda ingin menerjemahkan ke bahasa selain Inggris, anda harus memilih bahasa yang anda inginkan. Lihat gambar di bawah ini.



Dan kalau anda ingin mengembalikan ke dalam bahasa asli yang digunakan oleh web atau blog yang telah anda terjemah (translate) itu anda tinggal klik tombol Show original. Maka web atau blog yang telah anda terjemah kan tadi akan kembali ke bahasa aslinya. Demikian terjemah (translate) otomatis halaman web dan blog dengan menggunakan google toolbar.
Enhanced by Zemanta

Baca Artikel Terkait berikut ini:



2 comments:

Vatih said...

mampir bos di blog ana
http://pemimpibintang.blogspot.com/

Vatih said...

jangan lupa pasang koment di blog ana di tunggu banget kita bisa shering pengalaman blog

Post a Comment