REKANAN

Followers

umpan balik

Waktu Sholat Hari ini

Cara Mengetahui dan Menentukan Arah Kiblat Dengan Google Earth

History timeline of Google Earth and KMLImage via Wikipedia

Beberapa waktu yang lalu kami telah posting cara Menentukan Arah Kiblat Dari Daerah Sendiri. Maka dari itu kami rekomendasikan supaya anda membacanya juga. Mungkin dengan cara itu lebih mudah penerapannya.
Sekarang kita akan membicarakan cara mengetahui dan menentukan arah kiblat dari tempat kita dengan bantuan google earth. Untuk itu langsung saja kita bicarakan cara-caranya.


1. Anda harus sudah install google earth di komputer anda. Kalau belum silahkan install dulu melalui alamat ini: http://earth.google.com/download-earth.html

2. Bagi yang sudah install google earth, buka google earth yang sudah terinstall itu. Maka akan tampil seperti gambar di bawah ini.



3. Besarkan tampilan google earth dengan menggunakan mouse komputer anda. Cari kota atau desa anda, lebih khusus lagi rumah atau masjid di kampung anda tinggal. Kalau sudah ketemu, letakkan pointer di atas rumah atau masjid anda tadi. Lihat bagian bawah, dan catat letak astronomis tempat tersebut. Sebagai contoh lihat gambar di bawah ini:



Gambar di atas adalah gambar kampung di mana penulis tinggal, yang mana Letak astronomis masjid di kampung kami berada pada 7° 21' 46.56" S, 111° 11' 24.99" E. Setelah dicatat posisi astronomis tersebut, ikuti langkah berikutnya.

4. Terbanglah ke Mekah tepatnya ke kahbah dengan cara tulis posisi astronomis kakbah ini, 21° 25' 21.05" N, 39° 49' 34.33" E, ke dalam kotak pencarian dan kemudian klik search. Maka anda akan dibawa terbang ke kakbah di kota makkah. Besarkan tampilan gambar dengan mouse anda. Lihat gambar.



5. Klik menu Tools (perangkat) pilih Ruler (penggaris), maka akan muncul sebuah kotak dialog. Dalam kotak dialog itu pilih tombol Path (jalur). Setelah itu klik sekali saja tepat di tengah-tengah kakbah (ingat cukup sekali saja). Lihat gambar dibawah ini.



6. Terbanglah kembali ke masjid di kampung anda. Caranya ketik posisi astronomis masjid di kampung anda yang sudah anda catat tadi di kotak pencarian kemudian klik search. Maka anda akan dibawa terbang pulang ke masjid di kampung anda. Besarkan tampilan gambar peta dengan mouse komputer anda. Klik tepat di atas gambar masjid anda, maka akan muncul garis kuning yang terhubung lurus dari masjid kampung anda dengan kakbah di kota makkah. Lihat gambar.



Kalau melihat gambar di atas arah masjid di kampung kami kurang tepat mengarah ke kiblat. Jadi jika sholat di masjid tersebut akan lebih baik jika agak diserongkan sedikit ke utara. Tapi jika tidakpun kami kira tidak masalah karena ketika membangun masjid tersebut para pendahulu kami sudah berusaha untuk mengarahkan masjid itu ke arah kiblat dengan ilmu yang dimiliki pada waktu itu.

Selanjutnya jika gambar di atas dikecilkan tampilannya akan seperti ini.



Demikian cara sederhana menentukan dan melihat arah kiblat dengan bantuan google earth. Semoga berguna.
Enhanced by Zemanta

Baca Artikel Terkait berikut ini:



3 comments:

Sigit Prayogo said...

Kalau di daerah terpencil, pakai gps ya... He he he...

ali said...

Untuk mas Sigit Prayogo
Jika daerah terpencil tersebut belum dilakukan pencitraan oleh google earth gps bisa dipakai untuk mencari letak astronomis daerah tersebut. Kemudian arah kiblat dapat dicari dengan cara seperti yang tertulis di sini. Atau mungkin anda bersedia berbagi cara menentukan arah kiblat pakai gps? bisa anda ungkap di sini. makasih banyak atas kesediannya.

Asep Sobara said...

Bagus sekali Mas artikel, tapi sekarang sudah ada aplikasi yang memudahkan untuk menentukan arah kiblat berbasis google maps yaitu qiblalocator dengan alamat http://www.qiblalocator.com/
Semoga bermanfaat
Wassalam,
Asep Sobara
asobara@gmail.com

Post a Comment