REKANAN

Followers

umpan balik

Waktu Sholat Hari ini

Puasa Ramadhan dan ’idul fitri tahun Ini sama atau berbeda?

Google EarthImage via Wikipedia

Pertanyaan semacam judul di atas selalu ada setiap menjelang puasa ramadhan tiba. Ketika banyak orang menyoal tentang “Puasa Ramadhan dan ’idul fitri tahun Ini sama atau berbeda”, sebenarnya mengisaratkan betapa rindunya kita dan mereka untuk bersama dalam menunaikan ibadah puasa tanpa ada gangguan kemungkinan adanya perbedaan, baik awal maupun akhir puasa ramadhan atau ‘idul fitri. Namun kelihatannya masalah kemungkinan akan adanya perbedaan yang selalu dikawatirkan sebagian besar umat islam indonesia tersebut, tidak akan ada selesainya.
Apa yang bisa kita, sebagai orang awam, lakukan dengan kenyataan ini. Apakah membujuk yang berbeda sikap dengan kita agar menjadi sama? Apakah menyadarkan lainnya agar sama dengan kita, padahal kita sendiri belum tahu apakah kita yang paling benar? Rasanya serba salah.

Menyadari akan awamnya kita tentang ini, saya ajak anda untuk meraba-raba tahun kapan akan terjadi perbedaan dalam mengawali atau mengakhiri puasa ramadhan, agar kita siap jauh-jauh hari. Sehingga pada saat terjadi perbedaan mengawali atau mengakhiri puasa ramadhan di tahun-tahun tersebut kita tidak kaget lagi. Kira-kira hanya itu yang bisa kita lakukan sebagai orang awam.
Bagaimana cara mengetahui akan terjadinya kemungkinan awal atau akhir puasa ramadhan itu berbeda?
Lagi-lagi di sini saya ajak anda bergelut dengan komputer atau internet. Sebenarnya banyak software di dunia maya ini yang bisa membantu kita mengetahui kapan awal puasa ramadhan dan ‘idul fitri itu sama atau berbeda. Maka dari itu mari kita bergaya seperti seorang ahli ilmu falaq dengan menggunakan bantuan software tersebut. Sok banget ya....!
Software yang kami sebutkan nanti semuanya versi gratis, tapi tetap canggih dan menarik. Anda tidak perlu download semua software yang saya sebutkan nanti. Cukup ambil satu atau dua saja yang kira-kira menarik untuk dinikmati sambil dipelajari, bukan berarti tidak boleh download semuanya hlo! Dan satu hal lagi yang harus anda perhatikan, semua software-software itu mengharuskan anda untuk setting lokasi astronomis di mana anda tinggal, agar perhitungan yang dilakukan software itu sesuai dengan lokasi tempat tinggal anda.
Bagaimana cara mengetahui lokasi astronomis tempat tinggal kita? Kita pakai dua (2) cara dalam mencari lokasi astronomis tempat tinggal kita. Semuanya dengan bantuan Pak de Google. Pilih salah satu yang paling mungkin untuk anda lakukan.
1. Cara pertama
Kunjungi google map di sini: http://maps.google.com/. Cari lokasi kota atau desa anda. Bisa lebih specific, cari rumah anda dengan membesarkan tampilan peta google itu dengan mouse anda. Di dalam peta google atau google map tersebut terdapat menu Map, satelite dan menu Earth. Untuk mengetahui letak astronomis rumah anda, pilihlah menu satelite. Kemudian Klik kanan lokasi rumah anda tersebut, selanjutnya pilih What’s here?. Maka di tempat lokasi rumah anda itu akan muncul tanda khusus. Selanjutnya lihat sebelah kiri dari gambar peta, di situ anda dapat melihat letak astronimis tempat tersebut, pada berapa derajat lintang dan bujur nya. Lihat gambar di bawah ini, yang dilingkar merah adalah letak astronomis untuk tempat yang ada tanda kusus tersebut:

letak astronomis masjid plelek

Tempat yang ditandai dalam peta google di atas secara astronomis terletak pada 7
º21’53.07” LS (tanda minus di angka 7 artinya Selatan), dan 111º11’23.97” BT (tanda plus di angka 111 berarti Timur). Itu dapat dibulatkan menjadi 7º21’53” LS dan 111º11’24” BT.

Khusus yang rumahnya di kota-kota besar seperti jakarta, Surabaya dan lain-lain, jika anda klik kanan di lokasi rumah anda kadang-kadang yang muncul adalah tanda anak panah. Maka untuk melihat lokasi astronomis tempat yang bertanda anak panah tersebut anda harus klik di tanda anak panah itu. Baru letak astronomis tempat tersebut akan tampil. Cantoh lihat gambar:

letak astronomis sebuah rumah sakit di solo

2. Cara kedua
Dengan menggunakan google earth. Cara ini diperuntukkan bagi anda yang sudah install google earth di komputer pribadi. Caranya anda tinggal jalankan Google earth yang sudah anda install. Besarkan tampilan peta di google earth itu dengan mouse anda. Cari kota atau desa anda, lebih khusus lagi rumah anda. Arahkan pointer tepat di atas rumah anda. Kemudian lihat bagian bawah dari peta di google earth itu. Di sana terdapat beberapa keterangan yang bisa anda gunakan, antara lain: tanggal pencitraan peta, letak astronomis (ini yang anda butuhkan), ketinggian tempat itu dari permukaan laut dan ketinggian mata melihat di atas tempat itu. Lebih jelaskan lihat gambar di bawah ini:

google earth

Kami kira cara mencari letak astronomis lokasi sudah cukup jelas, sekarang kita lanjutkan pembicaraan tentang software yang telah kami ceritakan di atas. Software ini sebenarnya tidak hanya dipakai untuk tujuan yang telah kami sebutkan itu. Software ini bisa untuk tujuan lain yang lebih besar. Anda bisa mempelajari sendiri jika sudah anda pasang di PC atau komputer pribadi anda.
Adapun beberapa software yang dapat dipakai untuk mencari tahu tentang apakah awal atau akhir puasa ramadhan di tahun ini berbeda atau sama, antara lain:

1. home planet.
Software home planet ini dapat diunduh di sini: http://www.fourmilab.ch/homeplanet/. Untuk menggunakan software ini anda tidak perlu install ke komputer anda. Tapi cukup extract file itu di komputer anda setelah didownload. Software ini bersifat portable, jadi bisa disimpan di flash disk dan dijalankan di komputer manapun. Setelah anda setting lokasi sesuai lokasi anda tinggal, selanjutnya tentang pengoperasiannya anda pelajari sendiri ya! Program ini bisa jalan dengan benar di windows XP.

2. Accurate Time
Unduh atau download softwarenya alamat pemiliknya di sini: http://www.icoproject.org/accut.html. software ini harus diinstall di komputer anda. Selain untuk tujuan yang telah kami sebutkan di atas, dengan software ini anda bisa membuat jadwal imsakiyah untuk lokasi tempat tinggal anda, dan masih banyak lagi kegunaannya. Sayangnya software ini hanya bisa jalan di windows XP dan Vista. Cara install di windows Vista agak berbeda yaitu klik kanan pada filenya lalu pilih Run As Administrator. Adapun cara install di win XP; doble klik di file itu. Setelah selesai install program, lakukan setting lokasi agar penghitungan atau hisab yang dilakukan software itu sesuai dengan tempat tinggal anda.

Disamping untuk mengetahui awal dan akhir puasa ramadhan, seperti judul di atas, Accurate Times juga
bisa dipakai untuk tujuan lain yang tentunya juga bermanfaat. Misalnya untuk membuat jadwal sholat yang bisa anda baca di sini, dan menentukan arah kiblat dari tempat anda.

Selanjutnya anda bisa mempelajarinya sendiri.

3. Stelarium
Secara garis besar, software ini memvisualisasikan atau menampilkan miniatur alam raya ini lengkap dengan tampilan bintang-bingtang yang berjarak puluhan hingga ribuan tahun perjalanan cahaya dari tempat kita di bumi. Anda bisa mendekatkan tampilan benda-benda langit di dalam tampilan itu dengan menggunakan mouse komputer anda.
Untuk mendapatkan software ini silahkan unduh atau download di alamat pemiliknya secara gratis di sini : http://www.stellarium.org/. Adapun cara downloadnya adalah klik tombol OS yang sesuai dengan OS yang anda pakai di komputer. Jika anda pakai windows, maka klik for windows. Maka proses mulai download akan muncul dan anda tinggal klik OK.
Setelah software itu terdownload, install software tersebut di komputer anda. Kemudian lakukan setting lokasi dan sesuaikan dengan lokasi astronomis di mana anda tinggal. Selanjutnya anda bisa mempelajarinya sendiri dengan mudah.

4. Starry Night
Software ini hampir mirip dengan stelarium, yaitu menampilkan alam raya di layar monitor komputer dalam bentuk miniatur. Cuma program starry night ini lebih lengkap. Di samping untuk tujuan yang telah kami uraikan di atas, program ini bisa dipakai untuk melihat bumi dari planet lain dengan misalnya kita pergi ke sana. Pokoknya masih banyak lagi yang bisa anda pelajari dari program ini, utamanya tentang alam raya kita ini.
Untuk mendapatkan software starry night, anda bisa mengunduhnya di sini gratis, sengaja kami pilih yang gratis saja karena software starry night banyak versinya. Tentunya yang versi lain ada yang harus bayar guna memperolehnya. Setelah anda download, anda akan mendapatkan sebuah file bernama starrynight. Extract file tersebut. Di dalamnya ada 2 files. Extract salah satu file itu yang bernama STARRY NIGHT. Setelah anda extract, di dalam File STARRY NIGHT berisi beberapa program antara lain: QuickTimeInstaller, 155882-Backyard, dan CRACK.

Cara install Starry Night:
1. Pertama-tama install dulu Quick TimeInstaller, karena starry night tidak bisa jalan tanpa program itu.
2. Baru kemudian Instal starry night dengan doble klik pada file 155882-Backyard.
3. Setelah Starry night terinstall, jalankan damn_snbackyard312 yang ada di dalam folder CRACK guna mendapatkan registration code, dengan cara ketik user name sesuai selera anda, lalu klik Generate it! Maka dari situ anda akan diberi Registration code.
4. Selanjutnya jalankan Starry Night untuk pertama kali. Pertama kali menjalankan starry night anda harus melakukan aktifasi dahulu, gunakan user name yang anda ketik tadi serta Registration code yang diberikan oleh damn_snbackyard312 itu untuk mengaktifasi program yang sudah anda install ini.
5. Lakukan setting lokasi sesuai tempat tinggal anda. Dengan begitu starry Night sudah bisa digunakan, salah satunya untuk mengetahui bagaimana Puasa Ramadhan dan ’idul fitri tahun ini. Apakah mungkin bersama atau apakah mungkin berbeda.
Adapun untuk kelanjutan pengoperasian program starry night ini, silahkan anda pelajari sendiri. Jangan kawatir mempelajarinya tidak sulit, bahkan bisa dibilang menarik. Selamat mencoba.
Demikian semoga terhibur.



Enhanced by Zemanta

Baca Artikel Terkait berikut ini:



2 comments:

muns said...

Sepertinya perbedaan waktu awal Ramadhan dan Idul Fitri akan selalu terjadi, terlepas dari itu semua marilah kita sambut datangnya bulan suci Ramadhan tahun ini mudah-mudahan ibadah puasa kita tahun ini lebih baik dari tahun sebelumnya. Amin. 
Terima kasih banyak atas sharingnya softwarenya. Bermamfaat sekali, ijinkan untuk saya simpan postingan ini.

Taib said...

Japonya yurtdışı kargo
Jamaika yurtdışı kargo
İzlanda yurtdışı kargo
İsveç yurtdışı kargo
İsrail yurtdışı kargo

B2PC

Post a Comment