REKANAN

Followers

umpan balik

Waktu Sholat Hari ini

Membuat jadwal sholat dan imsakiyah untuk daerah sendiri

Image representing Windows as depicted in Crun...Image via CrunchBase

Kami yakin bahwa anda, terutama kaum muslim, sering mendengar istilah jadwal imsakiyah. Karena istilah imsakiyah adalah dari bahasa arab, penulis juga sangat kurang paham dengan bahasa arab, maka banyak orang indonesia yang keliru memahaminya. Banyak yang mengganggap sama antara jadwal imsakiyah dengan jadwal sholat. Kalau begitu apa bedanya antara jadwal imsakiyah dengan jadwal sholat. Jadwal imsakiyah biasanya tercantum di dalam jadwal sholat lima waktu. Sehingga dalam jadwal sholat lima waktu selain mencantumkan jadwal sholat juga mencantumkan jadwal waktu imsak. Bahkan meskipun bernama jadwal sholat, didalamnya juga mencantumkan jadwal waktu terbit matahari atau shuroq.

Apakah jadwal imsakiyah ini penting? Sebenarnya jadwal imsakiyah ini tidak penting-penting amat. Karena kalau anda perhatikan di kalender-kalender, waktu imsak biasanya dijadwalkan 15 menit sebelum waktu subuh. Adapun fungsinya adalah agar umat islam yang akan menunaikan ibadah puasa sudah mempersiapkan dirinya untuk mengakhiri makan sahur sebelum subuh tiba. Sehingga ketika waktu subuh tiba, karena puasa dimulai dari terbit fajar atau waktu subuh, mereka sudah tidak sibuk dengan makanan.

Posting ini akan memaparkan cara membuat jadwal sholat lima waktu dengan menggunakan software yang oleh para ahli hisab sudah dikategorikan tepat karena perhitungan yang delakukan sudah melibatkan dan memperhitungkan ketinggian tempat di atas permukaan laut. Software yang kami maksudkan bernama Accurate time. Akan tetapi software atau program tersebut belum mencantumkan jadwal imsakiyah. Jadwal yang disusun oleh software ini adalah jadwal sholat dan jadwal shuroq atau terbit matahari. Meskipun begitu jangan cemas, setelah jadwal sholat yang anda inginkan jadi, anda bisa membuat sendiri jadwal waktu imsak yaitu waktu pada 15 menit sebelum subuh. Misalnya waktu subuh jatuh pada jam 4.25, maka dikurangi 15 menit menjadi jam 4.10 sebagai waktu imsak. Dengan begitu anda sudah punya jadwal waktu sholat dan jadwal imsakiyah yang sesuai dengan tempat atau daerah anda sendiri.

Sebenarnya banyak software untuk membuat jadwal sholat seperti ini. Bahkan Depag RI sendiri juga telah menerbitkan software semacam ini yang diberi nama winhisab. Kalau anda menginginkan software dari depag tersebut silahkan cari dengan bantuan Google. Adapun software yang akan kita pakai nanti adalah software yang sudah kami sebutkan di depan yaitu Accurate time . agar diperhatikan bahwa sotware Accurate time hanya bisa bekerja dengar benar di windows XP dan Vista.

Terlalu panjang ya.... pembukaannya? Kalau gitu langsung saja kita mulai cara menyusun jadwal imsakiyah dan jadwal sholat dimaksud. Untuk membuat jadwal sholat dan jadwal imsakiyah:

1. Anda harus punya software Accurate Time. Software ini bisa diambil dari pemiliknya secara gratis di sini: http://www.icoproject.org/accut.html

2. Install software tersebut di komputer anda. Jika komputer anda menggunakan Windows XP cara installnya dengan doble klik pada file software tersebut. Tapi jika komputer anda menggunakan windows Vista cara installnya dengan klik kanan pada file software tersebut kemudian pilih Run As Administrator .

3. Setelah terinstall, jalankan program tersebut. Anda akan melihat tampilan program seperti di bawah ini. Di tampilan program itu terdapat menu Preferences, Location. Date, Prayer Alerts, Prayer Times, Moon Times, Moon Phases, Crescent Visibility, Sun Moon Ephemeris, Help, Hijric Gregorian, Qiblah dan Exit.



4. Klik menu Location untuk melakukan setting lokasi sesuai letak astronomis tempat tinggal anda. Yang harus anda isikan dalam setting lokasi antara lain:

Longitude (garis bujur),
Latitude (garis lintang),
Time zone (untuk indonesia diisi 7),
Elevation (ketinggian dari permukaan laut).
Setelah anda isi semua klik add kemudian Ok.

Keterangan:
Letak astronomis tempat tinggal anda yang meliputi garis bujur dan Garis lintang dapat dicari dengan bantuan Google. Caranya klik di sini. Cara ini belum mencakup ketinggian lokasi tempat tinggal anda di atas permukaan laut. Itu tidak apa-apa, anda dapat memperkirakan sendiri ketinggian di atas permukaan laut tempat tinggal anda, karena pengaruh terhadap hasil perhitungannya nanti tidak begitu jauh bedanya.

Akan tetapi jika anda ingin mencantumkan ketinggian tempat tinggal anda dari permukaan laut secara benar, penulis baru menemukan satu cara yaitu dengan bantuan google earth. Jadi install dulu google earth yang panduannya ada di sini dan atau di sini. setelah google earth terinstall, jalankan dan cari tempat tinggal anda. Semua informasi yang anda butuhkan untuk melakukan setting lokasi bisa anda dapat di situ, yaitu di bagian bawah dari tampilan google earth.

5. Selesai melakukan setting lokasi, lakukan setting waktu dengan klik menu Date. Maka akan tampil seperti gambar ini:



6. Klik Do calculations for a period of time. Kemudian ubah year (tahun), month (bulan), dan day (hari) sesuai dengan rentang waktu kapan jadwal sholat ingin anda buat. Klik Ok.

Selesai sudah proses setting. Sekarang Program Accrurate Time sudah bisa anda gunakan. Salah satunya membuat jadwal sholat. Oh ya.., hampir lupa. Setting jam, hari/tanggal, bulan untuk komputer anda (di pojok kanan bawah) juga harus disetting lokal indonesia (jakarta).

Untuk membuat jadwal sholat, anda tinggal klik menu Prayer Times. Maka accurate time akan melakukan penghitungan jadwal waktu sholat untuk daerah anda sendiri. Selanjutnya kalau anda sabar, tambahkan jadwal imsakiyah yang caranya sudah kita bicarakan di depan tadi. Terakhir Jadwal bisa dipindah ke mocrosoft word atau exel untuk memperindah tampilan hasil cetak. selanjutnya cetak di kertas dan pasang di tempat tempat penting.

Selanjutnya anda bisa baca fungsi lain software Accurate Times yang digunakan untuk menentukan arah kiblat dari daerah anda sendiri. Klik saja link nya, maka halamannya akan terbuka. Demikian semoga berguna.

Enhanced by Zemanta

Baca Artikel Terkait berikut ini: