REKANAN

Followers

umpan balik

Waktu Sholat Hari ini

Cara Menulis Dan Posting Artikel Di Blogspot

A graphical despiction of a very simple html d...Image via Wikipedia

Cara menulis dan posting artikel sudah menjadi kegiatan rutin bagi blogger. Jadi kalau kita baca judul artikel ini, tampaknya artikel di dalam posting ini terasa sangat kadaluwarsa. Tapi menurut penulis pribadi, tidak ada yang bersifat kadaluwarsa jika hal itu berhubungan dengan ilmu, pengalaman, pengetahuan atau semacamnya. Termasuk apa yang akan kami paparkan dalam artikel di posting ini. Sebenarnya kami pernah menulis artikel tentang hal yang berkaitan dengan posting di hadapan anda ini pada waktu yang lalu, yaitu waktu kami menulis artikel tentang bagaimana cara membuat blog di blogspot.Menulis artikel kemudian mempostingnya merupakan bagian tak terpisahkan dari cara cara membuat blog, termasuk membuat blog di blogspot. Maka dari itu kami harapkan anda membacanya juga dengan klik judul yang telah kami beri tautan ke alamat artikel di atas.

Mari kita langsung membahas bagimana cara menulis dan posting artikel di blogspot. Ikuti langkah langkah cara menulis dan posting artikel di blogspot itu:

PERTAMA

Cara menulis artikel

Untuk aktifitas menulis artikel, siapkan dulu artikel anda di lembar kerja word office atau wordpad. Jadi jangan langsung anda menulis artikel yang akan anda posting di dalam halaman Entri posting. Dengan mempersiapkan lebih dulu di lembar kerja word office atau wordpad, anda akan dapat dengan mudah mengoreksi lagi tulisan artikel anda itu. Hanya hal-hal tertentu saja yang sebaiknya anda lakukan di halaman Entri posting artikel, misalnya membuat tautan atau link, upload gambar atau image, upload video atau film, memberi warna tertentu untuk tulisan tertentu dan lain-lain.

KEDUA

Posting artikel

Aktifitas ini dilakukan setelah artikel anda benar-benar siap untuk diupload atau di posting, setelah terlebih dulu anda menulis guna mempersiapkannya di lembar kerja word office atau wordpad. Kegiatan upload atau posting inilah yang akan menentukan bentuk tampilan artikel anda di halaman blog. Maka dari itu anda harus mengetahui fungsi tiap-tiap tombol yang ada di halaman Entri posting. Untuk melakukan posting artikel, anda harus masuk dulu ke blogger anda dengan memasukkan alamat email dan password anda. Selanjutnya dari dasbor klik ENTRI BARU maka akan tampil halaman Entri posting seperti di bawah ini.

entri posting menu edit HTML

Di halaman Entri posting ini terdapat 2 menu yaitu menu edit HTML dan menu Tilis. Artikel yang sudah anda siapkan di word office dicopy lalu masukkan ke dalam halaman Entri posting ini. Perlu anda ketahui, sebelum anda copy artikel ke dalam halaman Entri posting, terlebih dahulu halaman Entri posting harus berada pada menu Edit HTML seperti gambar di atas, baru setelah dipaste anda bisa mengedit artikel dengan tetap berada di menu Edit HTML atau pindah di menu Tulis. Mengapa demikian? Pengalaman anda dalam memposting artikel berikutnya nanti yang akan memjawabnya. Karena kalau dipaparkan di sini, artikel ini akan menjadi sangat panjang dan mungkin membosankan.

Untuk mengedit artikel, anda akan menggunakan tombol-tombol yang ada di bagian atas halaman Entri posting tersebut, maka dari itu anda harus mengetahui fungsi dari tiap-tiap tombol itu. Untuk lebih jelasnya perhatikan keterangan singkat yang ada di dalam gambar di bawah ini:

Entri posting menu tulis

Notes:
1. Halaman Entri posting sengaja saya tempatkan pada pilihan menu Tulis. Karena tombol yang ada di bagian ini lebih lengkap. Ini bukan berarti edit artikel hanya bisa dilakukan dengan memilih menu Tulis, bukan begitu. Anda bisa mengedit artikel yang akan anda posting atau upload dengan memilih baik di menu Edit HTML atau di menu Tulis.
2. Walaupun posting atau pasang gambar dan video atau film bisa dilakukan dengan menguploadnya langsung ke blogspot, hal itu bisa memberatkan loading blog anda, jika gambar atau video yang diupload semakin banyak. Untuk menghindari semakin banyaknya image atau gambar dan film atau video yang akan memberatkan loading blog anda, sebaiknya gambar dan video atau film yang ingin anda tayangkan di blog anda dititipkan atau diupload di server lain, baru kemudian diberi link untuk ditampilkan di halaman blog anda. Dengan cara ini loading blog anda tetap ringan. Sehingga calon pengunjung blog tidak keburu kabur akibat dari loading yang berat. Adapun cara cara posting dengan upload image, gambar, video atau film, dapat anda baca dengan klik di sini yang lain di sini dan yang satunya lagi di sini.

Setelah edit artikel dirasa cukup dan baik, berikutnya klik SIMPAN SEKARANG dan TERBITKAN ENTRI. Dengan demikian selesai kegiatan menulis dan posting artikel di blogspot. Sebelum tulisan ini saya akhiri, lakukan menulis dan posting artikel di blogspot secara teratur, misalnya dua hari menulis satu posting artikel atau seminggu menulis satu posting artikel. Selamat berkarya dengan terus menulis posting artikel di blog anda. Saya sadar apa yang saya tulis ini masih jauh dari kesempurnaan, maka dari itu kritik dan saran terus kami nantikan dari para pembaca semuanya. Salam!



Reblog this post [with Zemanta]

Baca Artikel Terkait berikut ini:



4 comments:

Malie El Bustany said...

lumayan membantu...makasi ya...

jimmy bonek satu hati said...

keren2

Anonymous said...

terima kasih telah share dan sangat bermanfaat sekali, visit me back

isna wati said...

iya, saya coba nih. saya blogger baru. mohon bantuannya :)

Post a Comment