REKANAN

Followers

umpan balik

Waktu Sholat Hari ini

Pasang Jadwal Sholat Dalam Blog Untuk Tiap Kota Di Indonesia

But, apparently only have been known to some p...Image by enda_001 via Flickr

Dalam kesempatan yang lalu kami telah membicarakan cara membuat jadwal sholat untuk daerah kita sendiri, sekarang kami ingin membahas cara pasang jadwal sholat dalam blog atau web untuk tiap kota di Indonesia.

Maksud kami membuat judul di atas adalah jadwal sholat yang dipasang dalam blog atau web milik anda bisa anda sesuaikan dengan tempat tinggal anda masing-masing. Bahkan bisa lebih khusus lagi, sesuai dengan desa atau kampung dimana anda tinggal. Adapun caranya sama seperti yang diutarakan oleh rekan-rekan blogger sebelah. Hanya saja jadwal yang kita pasang nanti disesuaikan dengan tempat tinggal di mana anda (blogger) tinggal dengan berpedoman pada lokasi di mana masjid kampung anda berada.

Kalau begitu langsung saja kita bicarakan cara-caranya.

1. Kunjungi alamat ini: http://www.islamicfinder.org/

2. Klik Add new services to your site yang ada di bagian bawah dari halaman di alamat tersebut.

3. Geser ke bawah pilih nomor 2 select a country. Pilih Indonesia kemudian klik Go.

4. Di bawah Main City pilih kota terserah anda. Kota manapun tidak berpengaruh karena nanti akan kita ganti sesuai kota anda masing-masing secara manual. Misalnya kita pilih Surabaya.

5. Setelah memilih nama kota utama Surabaya, anda akan dibawa ke halaman di mana anda harus memilih sebuah kota yang berhubungan dengan kota utama Surabaya itu. Maka pilihlah salah satu yang mana saja.

6. Selanjutnya klik Generate code. Sehingga anda akan diberi kode-kode HTML untuk tampilan jadwal horisontal dan vertikal. Misal kami pilih yang tampilannya vertikal seperti di bawah ini:

<iframe src="http://www.islamicfinder.org/prayer_service.php?country=indonesia&city=surabaya&state=08&zipcode=&latitude=-7.2492&longitude=112.7508&timezone=7&HanfiShafi=1&pmethod=1&fajrTwilight1=10&fajrTwilight2=10&ishaTwilight=&ishaInterval=30&dhuhrInterval=1&maghribInterval=1&dayLight=0&page_background=&table_background=&table_lines=&text_color=&link_color=&prayerFajr=Subuh&prayerSunrise=Terbit&prayerDhuhr=Dhuhur&prayerAsr=Asar&prayerMaghrib=Maghrib&prayerIsha=Isya&#9001;=" frameborder=0 width=175 height=280 marginwidth=0 marginheight=0 scrolling="no"> </iframe>

Note:
Latitude = garis lintang
Longitude = garis bujur

Catatan
Bagi anda yang nama kotanya sudah terdaftar di situs tersebut tidak perlu melakukan perubahan secara manual. Anda tinggal pilih kota anda yang sudah terdaftar itu dan kemudian kode HTML yang anda dapat langsung dipasang di blog milik anda. Tapi bagi yang nama kotanya belum terdaftar ikuti langkah berikutnya.

7. Perhatikan kode yang berwarna merah. Kode-kode itulah yang harus diganti untuk disesuaikan dengan tempat tinggal anda (blogger). Contohnya lihat kode-kode di bawah ini yang mana nama kota kami ganti dengan kota di mana kami (pemilik blog) dilahirkan. Garis lintang dan garis bujur juga kami sesuaikan dengan letak astronomis kota tersebut, sehingga kode di atas berubah menjadi seperti di bawah ini:

<iframe src="http://www.islamicfinder.org/prayer_service.php?country=indonesia&city=Mantingan Ngawi Jawa Timur&state=08&zipcode=&latitude=-7.2153&longitude=111.1124&timezone=7&HanfiShafi=1&pmethod=1&fajrTwilight1=10&fajrTwilight2=10&ishaTwilight=10&ishaInterval=30&dhuhrInterval=1&maghribInterval=1&dayLight=0&page_background=&table_background=&table_lines=&text_color=&link_color=&prayerFajr=&prayerSunrise=&prayerDhuhr=&prayerAsr=&prayerMaghrib=&prayerIsha=&#9001;=" frameborder=0 width=175 height=280 marginwidth=0 marginheight=0 scrolling="no"> </iframe>

8. Terakhir pasang kode HTML itu ke dalam blog anda. Dari kode HTML di atas akan menampilkan jadwal sholat di dalam blog anda seperti ini:



Cara mengetahui posisi astronomis tempat anda berada

Untuk mengetahui posisi astronomis tempat anda berada yang meliputi berapa derajad garis lintang dan garis bujurnya, anda bisa menggunakan jasa google maps. Caranya:

1. Kunjungi http://maps.google.com/

2. Cari kota, desa, kampung atau lebih khusus lagi masjid di kampung anda dengan membesarkan tampilan gambar peta di google maps tersebut menggunakan mouse komputer. Kalau sudah ketemu klik kanan tepat pada gambar masjid di kampung anda itu, kemudian pilih what’s here maka akan muncul tanda berwarna merah, atau kalau tidak, tanda yang muncul adalah anak panah berwarna hijau. Klik sekali lagi tanda tersebut maka posisi astronomis yang ditunjukkan dengan sekian derajad garis lintang dan garis bujur untuk tempat itu akan muncul di atasnya. Contoh lihat gambar di bawah ini.



Posisi astronomis untuk masjid dalam gambar di atas adalah -7° 21’ 52.80″, +111° 11’ 23.90″. Itu bisa dibulatkan menjadi -7° 21’ 53″, +111° 11’ 24″. Adapun cara memasukkan angka tersebut ke dalam kode jadwal sholat bisa anda lihat pada keterangan nomor 7 di atas. Demikian semoga manfaat.

Enhanced by Zemanta

Baca Artikel Terkait berikut ini:



2 comments:

Jadwal shalat digital said...

Dicari mitra untuk memasarkan Taqwimer - Jadwal Shalat Digital Artistik yang dibuat dari perpaduan batik dari logam dan kayu.

Dwijayasblog said...

Terima kasih, ya, sekarang blog saya sudah ada widget jadwal sholatnya.

Post a Comment