REKANAN

Followers

umpan balik

Waktu Sholat Hari ini

Cara Mengetahui Pagerank Dan Alexa Rank Untuk Blog Atau Web Pribadi

Image representing Alexa as depicted in CrunchBaseImage via CrunchBase

Anda tentu sering mendengar istilah ranking atau peringkat. Di dunia bloger atau webmaster juga dikenal istilah ranking atau peringkat. Namun ranking untuk blog atau web berbeda dengan ranking untuk siswa di sekolah. Kalau di sekolah hanya dikenal satu istilah ranking, di internet khususnya yang berkaitan dengan blog dan web terdapat dua istilah ranking, yaitu google pagerank yang disingkat PR dan alexa rank. Kemudian apa beda kedua istilah ranking tersebut?

1. Google pagerank

Google pagerank adalah peringkat yang diberikan google kepada web atau blog dengan berdasar pada link masuk atau yang menuju ke blog atau web tersebut. Nilai google pagerank ditunjukkan dengan angka 0 - 10. Semakin tinggi pagerank maka web atau blog tersebut semakin populer atau baik. Web atau blog dengan pagerank yang lebih tinggi akan mendapatkan perlakuan lebih istimewa dibanding web atau blog dengan ranking di bawahnya. Contoh: Sebuah situs yang mempunyai Pagerank 9 akan di urutkan lebih dahulu dalam daftar pencarian Google dibandingkan situs atau blog yang mempunyai Pagerank 8 dan kemudian seterusnya yang lebih kecil. Karena itulah para blogger atau webmaster berupaya dengan segala cara untuk mendapatkan Google pagerank ini.

Jika anda ingin mengetahui PR atau pagerank suatu web atau blog, bisa juga web atau blog pribadi, anda bisa mengunjungi situs yang melayani tentang itu secara gratis. Salah satunya di sini: www.prchecker.info. Masukkan alamat web atau blog yang ingin diketahui PR atau pagerank nya. Kemudian klik check PR. Selanjutnya ikuti perintah berikutnya. Dari situs itu pula anda bisa memasang Page Rank Checker dalam blog atau web anda yang disediakan secara gratis. Sehingga anda dan semua pengunjung blog dan web tersebut dapat mengetahui Pagerank dari blog milik anda itu.

2. Alexa rank

Alexa rank adalah peringkat yang didasarkan pada kumpulan traffic data selama tiga bulan dari jutaan pengguna Toolbar Alexa. Alexa rank diukur dari banyaknya tampilan halaman suatu web atau blog kemudian digabungkan dengan pengunjung web atau blog tersebut. Jadi ranking atau peringkat di alexa rank ini mencerminkan gabungan dari jumlah pengunjung dan jumlah halaman di dalam web atau blog yang dilihat oleh pengunjung. Alexa rank ditunjukkan dengan angka 1 hingga puluhan juta. Semakin kecil alexa rank menunjukkan semakin baik web atau blog tersebut. Dari sini dapat diketahui perbedaan antara google pagerank dan alexa rank.

Apa kegunaan alexa rank bagi pemilik blog atau web? Peringkat Alexa berguna dalam menjalankan bisnis-bisnis melalui blog atau web. Misalnya program periklanan PPC ( Pay Per Click ), beberapa program periklanan memberikan bayaran lebih tinggi untuk blog yang Alexa Rank nya kecil.
Juga ada beberapa program lain yang mensyaratkan peringkat Alexa atau alexa rank ini.

Bagi anda yang ingin mengetahui alexa rank blog atau web pribadi, ada dua cara yang bisa anda lakukan:

1. Kunjungi alamat ini: http://www.alexa.com/. Masukkan alamat blog atau web (URL)anda. Kemudian klik search maka akan tampil alexa rank blog atau web anda. Untuk mendapatkan informasi lebih detail lagi tentang blog atau web, anda tinggal klik get detail.

2. Anda bisa mengetahui alexa rank blog atau web milik anda setiap kali anda mengunjunginya. Caranya download the alexa toolbar dari alamat tersebut di nomor 1 di atas secara gratis. Dengan begitu, tidak hanya web atau blog anda yang bisa diketahui alexa rank nya, tapi semua situs yang anda kunjungi akan bisa diketahui alexa rank-nya. Bahkan ketika anda browsing dengan search engines, anda bisa mengetahui alexa rank dari semua blog dan web yang tampil di halaman pencarian itu.

Jika browser yang anda gunakan Mozilla Firefox, Ada dua pilihan install yang diberikan:

a. instal alexa toolbar

b..instal as status bar

pilih salah satu pilihan itu. Jika misalnya anda pilih yang pertama, maka hasil instalasinya akan tampil di browser anda seperti gambar di bawah ini.



Yang dilingkari merah adalah toolbar alexa hasil instalasi yang baru dilakukan tadi. Alexa rank secara otomatis akan tampil di toolbar tersebut setiap kali anda mengunjungi blog dan web, termasuk blog milik anda. Demikian semoga bermanfaat.

Enhanced by Zemanta

Baca Artikel Terkait berikut ini:



27 comments:

Unknown said...

wah makasih mas atas informasinya...
Bisa langsung ane terapkan di browser ane nih..
Tolong review blog ane ya...

Obat tradisional stroke said...

nice nice
salam kenal Y

balimediadesign said...

info cakep ni mas....
ane terapkan.
http://balimediadesign.com

Admin said...

infonya bagus gan

www.kode-panduan.co.cc

Krokot.com said...

info yang sangat berguna ... trims

Abdullah Pasa Firaya, ST said...

Terima kasih informasinya, sangat bermanfaat. Salam kenal dan sukses selalu

Software House Production said...

Nice info...sob. Salam kenal

ummu Rumaysha said...

good...folbek yah http://nggitzafunia.blogspot.com/

Jauhar said...

info bagus bratha...page rang q cuma 0 hehehe...tengkyu ya

juno said...

mkasih banget nih ilmunya...sekarang jadi tau nih.
mampir2 donk...

nanonano18 said...

wah makasih gan infonya

2lisanku said...

mantab nih ....boleh di coba....

Unknown said...

mencoba gan

Clone Distro said...

tpi ko website ane ga ada ranknya y di alexa rank??
apa mesti di daftarkan dlu ato gmn gan??

www.blo-ondistro.com

TMM 999 said...

Wah bermanfaat nih,,,,

belajarblogspot said...

ijin sedot ilmu ni gan..tuk memperbaiki alexa rank..trims info nya n salam.

Dream blog said...

trims buat infonya..!!

sangat bermanfa'at..!!

Unknown said...

mumet bro aku, kalau berkenan minta sarannya bro..
http://oqzigen.blogspot.com/

lowongan Kerja Medan said...

www.lokerpanel.com, Website Penyedia informasi lowongan kerja Khusus Medan.

VinDRE said...

makasih informasinya gan.. Salam..

azka said...

Thanks infonya, Salam
azkaprinting.com

andika edo said...

terimakasih,cukup detil sekali.maklum newbie,saya kira page rank 1 itu bagus,tidak taunya satu itu yang rendah,penting mana ya mas alexa sama page rank

Pusat Mobil Bekas said...

makasih infonya gan

Kolong PIKIR said...

alexa rank belum ada data hehe maklum newbie
thanks for info bro

Mustofa Akbar said...

mantap infonya, main ke blog ane juga ya

Toko Sepatu Online said...

terimah kasih atas informasinya ya

sepatu said...

terimah kasih atas artikelnya, lihat koleksi diwebdite saya ya

Post a Comment