REKANAN

Followers

umpan balik

Waktu Sholat Hari ini

Cara Mengatur BIOS untuk Boot dari CDROM

Image representing Windows as depicted in Crun...Image via CrunchBaseMengatur BIOS agar komputer bisa Boot dari CDROM biasanya dilakukan ketika akan install Windows di komputer. Berikut ini kami ingin memaparkan pengalaman kecil kami ketika hendak install Windows di komputer yang mana terlebih dulu setting Bios harus dari CD. Karena terlalu banyak jenis Bios yang ada, maka di sini kami hanya menyuguhkan dua contoh saja, yaitu konfigurasi di AmiBios dan konfigurasi di Bios Award agar komputer Boot dari CDROM. Jika jenis Bios di komputer anda berbeda dengan contoh yang kami utarakan, anda tidak perlu kawatir karena perbedaannya tidak terlalu jauh, bahkan cenderung mirip.
Semua Sistem Komputer modern diproduksi dengan dukungan boot dari CD, tapi hal itu perlu konfigurasi fitur terlebih dulu di BIOS. Ketika anda mulai menjalankan komputer, Periksa boot-screen untuk melihat kunci setup. Pada kebanyakan PC baru, kunci akan terDELETE, jadi periksa untuk memastikannya.

1. Melakukan konfigurasi di AmiBios
Ketika anda mulai menghidupkan komputer, anda perlu menekan tombol DEL pada keyboard untuk masuk setup.



Sekarang anda melihat layar komputer anda dengan beberapa pilihan antara lain; Main, Advanced, Power, Boot, Security dan Exit. Pilihlah opsi BOOT kemudian pilih Boot Device Prioritas selanjutnya untuk 1st boot device pilih CDROM dan 2nd boot device pada HARD DRIVE, terakhir tekan F10 untuk menyimpan pengaturan.





2. Melakukan konfigurasi di Bios Award

Ketika anda mulai menghidupkan komputer anda perlu menekan tombol DEL pada keyboard untuk masuk setup.




Pada Bios Award anda akan melihat layar dengan beberapa pilihan. Pilihlah Advanced BIOS Features untuk masuk setup.





Atur First Boot Device ke CDROM, Second Boot Device ke Floppy dan Third Boot Device ke HDD-0. Setelah itu dilakukan tekan F10 untuk menyimpannya.




Kunci untuk masuk setup Bios tidak selalu tombol DEL. Ada juga Bios jenis lain yang menggunakan kunci tombol F2, sehingga sebelum anda melakukan konfigurasi BIOS sebaiknya diperhatikan dulu tombol kunci masuk yang dipakai. Misalnya jenis Bios yang dipakai kebanyakan Laptop menggunakan kunci F2. Agar anda tidak ragu dengan tombol kunci yang dipakai oleh komputer anda, perhatikan bagian pojok kiri bawah layar monitor anda pada saat anda menghidupkan komputer. Perhatikan dengan seksama karena tampilnya tombol kunci ini akan muncul cepat dan segera menghilang, atau jika mengalami kesulitan baca buku petunjuk yang disertakan ketika anda baru membeli komputer atau hardware.

Demikian dua contoh konfigurasi dan mengatur boot dari CD. Selanjutnya setelah mengatur Bios untuk Boot dari CD seperti 2 contoh di atas, anda bisa melakukan install Windows di komputer dengan cara yang kami urakan DI SINI. Semoga berguna.

Enhanced by Zemanta

Baca Artikel Terkait berikut ini:



4 comments:

theomissy said...

thank's yah,,,

muhammad nuraiman hadi said...

makasi atas informasi nya

Anonymous said...

infonya sangat berguna..... maksih broooo.......

buku biru said...

kalo dgn merek HP pavilion dm1 gi mn mas br0.?? & pke kset rec0very original..

Post a Comment