REKANAN

Followers

umpan balik

Waktu Sholat Hari ini

Membuat film foto dengan Movie Maker

Windows Movie MakerImage via WikipediaKarena sudah lama tidak update artikel, sekarang penulis mau coba menambah sebuah tulisan di blog ini. Tapi rasa malas masih membebani badan ini. Maka agar tidak terlalu lama kosong maka kami ambil saja tulisan dari web sebelah yang kemudian saya terjemahkan seperti di bawah ini dengan sedikit tambahan, karena dalam artikel yang menjadi sumber tulisan ini hanya dikususkan untuk Windows XP Service Pack 2. Jika anda ingin membaca artikel yang menjadi sumber tulisan ini bisa diklik di sini.



Berbagi foto digital bersama keluarga dan teman-teman adalah hal yang mudah untuk dilakukan saat ini. Tapi jika anda berkeinginan untuk berbagi foto-foto terbaru anda, jangan hanya berbagi lewat e-mail atau menyimpan foto-foto itu di dalam disk dan kemudian mengirimnya melalui pos. Luangkan sedikit waktu ekstra anda dan buatlah sebuah film foto yang dilatar belakangi musik dengan menggunakan Microsoft Windows Movie Maker. Dengan Movie Maker, anda juga memiliki pilihan untuk menggunakan video klip yang diambil dengan menggunakan kamera digital dalam film foto anda. Film foto anda dapat berisi kombinasi dari foto hasil jepretan anda, video klip, dan audio - itu terserah anda. Dengan melihat proses pergantian dari satu photo ke photo lain dari foto-foto anda dengan latar belakang musik yang bagus pasti selanjutnya akan membuat kesan kepada anda untuk memutuskan berbagi foto-foto anda itu.
Anda masih dapat berbagi film anda melalui e-mail atau dengan membakarnya ke CD, tapi menontonnya akan menjadi pengalaman yang jauh lebih baik bagi audiens anda. Membuat film foto adalah menyenangkan dan mudah serta tidak memakan banyak waktu.
Inilah yang anda butuhkan:
• Microsoft Windows XP.
Untuk OS Windows Vista atau Windows 7, cara pengoperasian Movie Maker nantinya tidak jauh beda.
• Windows Movie Maker (biasanya otomatis terinstal bersama OS windows)
Foto digital yang diletakkan di hardisk computer anda. Letakkan dalam satu folder
• Musik digital yang diletakkan di hardisk computer anda

Membuat film foto Anda

Anda Impor gambar dan musik ke dalam Movie Maker

1. Klik tombol Start, arahkan ke All Programs, Dan kemudian klik Windows Movie Maker.
2. Pada panel Tasks Movie, di bawah Capture Video, Klik Import picture, dan pilih foto yang ingin anda gunakan dari hardisk di computer anda. Jika anda menggunakan foto dari beberapa folder, ulangi langkah ini sampai anda berhasil mengimpor semua gambar atau photo yang anda rencanakan untuk digunakan di film anda.



3. Klik Import audio or music, dan pilih file musik yang akan anda gunakan dari folder dimana anda menyimpan file music anda.
Contents pane (Panel Isi) menampilkan foto dan file musik yang anda pilih. (Contoh ini hanya mencakup foto-foto dan musik-tanpa video, tapi anda dapat dengan mudah memasukkan klip video dalam film gambar ini.)



4. Area di bagian bawah jendela Windows Movie Maker adalah storyboard, di mana anda menyusun foto-foto anda. Klik dan seret foto ke kotak pertama di storyboard itu. Lanjutkan menambahkan foto-foto ke dalam storyboard tersebut sesuai urutan yang anda inginkan agar foto-foto atau gambar-gambar itu tampill dalam film anda.



Jika anda ingin memindahkan satu foto dalam storyboard, klik foto tersebut dan drag atau geser ke posisi baru.

5. Pada panel Movie Tasks, di bawah Edit Movie, Klik View video transitions. Di dalam panel Contents (isi), klik dan seret transisi-transisi itu kedalam storyboard, dengan menempatkan transisi-transisi itu diantara foto-foto anda.



6. Pada panel Tasks Movie, di bawah Edit Movie, Klik Make titles or credits untuk menambahkan judul untuk film anda, dan kemudian klik Add title at the beginning of the movie. Ketik judul anda, dan kemudian klik Done, add title to movie.



Judul yang telah anda buat muncul di posisi pertama dalam storyboard. Ingat, tambahkan transisi diantara judul dan foto pertama anda.

7. Pada toolbar yang berada di atas storyboard, klik Show Timeline untuk mengubah tampilan ruang kerja anda terhadap timeline (kerangka waktu).



8. Pada toolbar Movie Maker, klik Location pada kotak pilihan drop-down, kemudian klik Collections.



Sekarang, klik dan drag (tarik) file musik dari panel Content (isi) ke track Audio / Music yang ada di dalam timeline. Pastikan file musik diposisikan sepanjang jalur sampai ke ujung paling kiri dari jalur Audio / Music.



9. Dengan file musik dalam posisinya yang benar, anda dapat mengatur musik itu untuk mengakhiri di mana gambar anda berakhir dan menambahkan efek memudar untuk music tersebut.
Klik bagian akhir dari file musik anda, dan drag untuk menyelaraskan dengan bagian akhir dari foto-foto terakhir anda.

Sekarang, klik kanan file music itu, dan klik Fade Out.



10. Langkah terakhir dalam membuat film anda adalah menambahkan credits (daftar nama orang-orang yang terlibat dalam pembuatan film) di bagian akhir, seperti film nyata. Credits dibuat dengan cara yang sama seperti judul, cuma bedanya credits (daftar nama orang-orang) itu ditambahkan di bagian akhir timeline. Pada panel Tasks Movie, di bawah Edit Movie, Klik Make titles or credits untuk menambahkan credits pada film anda, dan kemudian klik Add credits at the end of the movie. Ketik credits anda, dan kemudian klik Done, add credits to movie.

Credits yang anda buat akan muncul di posisi terakhir dari storyboard.

11. Sebelum anda menyimpan film, anda dapat mengeceknya dengan menggunakan kontrol di preview monitor.


Setelah anda merasa puas dengan film buatan anda, simpan file film itu dengan klik Save Project pada menu File.



12. Di dalam panel Movie Tasks di bawah Finish Movie, Klik Save to my computer untuk memulai menyimpan Movie Wizard.



Ketik nama file film anda. Secara default, Movie Maker akan menyimpan file film ke dalam folder My Videos; klik Browse jika anda ingin mengubah lokasi. Lalu, klik Next.



13. Di halaman Movie Setting, Best quality for playback on my computer (recommended) dipilih secara default. Penyebaran film di CD, pengaturan ini adalah yang ideal.



Untuk memeriksa dan mengubah pengaturan cara film akan dibuat, klik Show more choices. Misalnya, jika anda berencana mengirim film anda melalui e-mail, anda dapat memilih kecepatan akses Internet yang paling cocok dari Video for broadband, Video for ISDN, atau Video for dial-up access untuk mengirimkan film.



14. Bila anda telah menentukan pilihan, klik Next. Movie Maker mulai menyimpan file film anda. Ketika Movie Maker selesai, klik Finish, Dan anda siap berbagi film anda dengan orang lain.

Anda dapat membuat beberapa versi film foto dengan mengulangi proses ini dan memilih pengaturan yang berbeda untuk setiap versi (satu untuk e-mail, satunya lagi untuk CD, dan sebagainya) sebelum anda menutup file hasil kerja anda, pastikan untuk menyimpan setiap film dengan nama file yang unik yang anda dapat mengenalnya dengan mudah di lain waktu.

Enhanced by Zemanta

Baca Artikel Terkait berikut ini:



6 comments:

aisha said...

I wanted to thank you for this great post!! I enjoyed every little bit of it, I have you bookmarked and waiting for all the new stuff you post.

1989 Chevrolet Suburban AC Compressor

Arif Jainuri said...

Hai......

ni aku dari Arif Blog's!

saya mau menjawab pertanyan anda....

gak koq...
software pivot itu gratis.....
lihat aja di blog aku, trus download...
ada koq..

sheena said...

oh this is a very informative
post! i actually enjoyed reading
this - very well explained too. thanks, this is very useful!
Great information..
Volkswagen Golf Turbocharger

blogadexme said...

bawaan windows ya sob...mntap lah...

ridzal great said...

ship.............
l wanna make it

Outbound di Malang said...

nice post :)
ditunggu kunjungan baliknya yaah ,

Post a Comment