REKANAN

Followers

umpan balik

Waktu Sholat Hari ini

Merekam Streaming Radio Secara Online Di Internet ke dalam Format MP3

Internet Radio "Dance With Me" LogoImage via WikipediaMerekam, tentu anda sudah tidak asing dengan istilah itu. lalu apa yang dimaksud dengan istilah streaming radio? Melihat istilahnya saja tentu streaming radio berbeda dengan radio pada umumnya.

Radio yang kita kenal selama ini adalah radio yang dipancarkan melalui gelombang elektro magnetic dan kemudian kita terima melalui sebuah alat yang bernama pesawat radio. Lalu apa yang dimaksud dengan streaming radio? Streaming radio atau radio streaming adalah radio online yang dapat dinikmati secara live di internet. Era serba internet seperti sekarang ini banyak sekali stasiun Radio yang mengembangkan pola penyiarannya, tidak hanya menggunakan model tradisional atau dipancarkan melalui gelombang elektro magnetic, tapi juga menggunakan pola penyiaran online atau melalui internet.

Bagimana cara menikmati radio streaming? untuk bisa menikmati radio streaming, tentunya kita harus punya sambungan ke internet, biasanya streaming radio dapat dinikmati dengan baik walaupun akses internet yang kita punya berkecepatan rendah, selanjutnya kita perlu menyediakan software perekam untuk diinstal di computer. Banyak software yang dapat digunakan. Ada yang berdiri sendiri, ada juga yang menyatu dengan program lain (browser). Software yang diinstal dan menyatu dengan browser biasanya hanya bisa digunakan untuk menikmati atau mendengar radio streaming secara live saja tanpa bisa dipakai untuk merekam, meskipun bisa tapi agak ribet dan hasilnyapun kurang bagus. Karena yang akan kita bicarakan adalah cara merekam radio streaming, maka software yang kami ceritakan di sini adalah yang bisa dipakai untuk merekam sekaligus bisa dipakai untuk mendengar dan menikmati radio streaming secara live.

Banyak sekali Software yang bisa digunakan untuk menikmati sekaligus bisa merekam radio streaming. Kami ceritakan satu saja dari sekian banyak software tersebut. Di luar yang kami ceritakan bisa anda cari sendiri di internet dengan bantuan google. Software yang kami maksudkan adalah bernama TapinRadio. Software tersebut berkapasitas kecil dan gratis, tapi punya beberapa versi. Untuk itu meluncur saja dan unduh di alamat berikut ini:

http://www.softpedia.com

Setelah diunduh atau didownload, install driver tersebut di komputer anda. Tetap dalam keadaan online atau tersambung ke internet, jalankan program TapinRadio yang sudah anda install tadi. Program TapinRadio akan tampil seperti gambar di bawah ini:



Selanjutnya ketik nama Negara atau kota yang anda inginkan di kotak pencarian, maka secara otomatis nama-nama radio streaming di Negara atau kota tersebut akan muncul. Pilih salah satu dari stasiun radio tersebut. Jika gagal ulangi lagi dengan klik Play. Kalau masih tetap gagal, itu mungkin karena stasiun radio tersebut sedang tidak mengudara.

Kalau berhasil anda bisa merekamnya dengan klik tombol Record. Perlu diketahui bahwa yang namanya internet kadang mengalami lambat akses, belum lagi kalau misalnya internet anda berkecepatan rendah. Untuk itu anda tidak perlu kawatir dengan hasil rekaman yang anda lakukan. Hasil rekaman tetap akan bagus dan sempurna tanpa ada ketersendatan meskipun misalnya akses radio anda tersendat-sendat, karena program tersebut akan secara otomatis mengatur aktifitas rekaman anda dengan sebaik-baiknya.

Klik Stop jika anda merasa cukup dengan kegiatan merekam. Selanjutnya anda bisa melihat hasil merekamnya dengan menjalankan File rekaman anda yang biasanya tersimpan dalam format MP3 di Local Disk (C:) > Users > Nama User > Music. Demikian semoga berguna.

Enhanced by Zemanta

Baca Artikel Terkait berikut ini:



7 comments:

Unknown said...

kajian sekaligus informasi yang menarik

silaturahmi sob syukron

berita hot hari ini said...

wah top banget postnya, layak dicoba...
salam kenal...

Pedagang Melayu Berbisnis Online said...

Terima kasih informasinya, kebetulan saya hobi juga mendengar radio streaming/online, bisa juga direkam rupanya langsung ke TKP nih

Suroso dan Keluarga said...

Abu Tsaqib www.rumahpulsakita.blogspot.com

Terimakasih infonya, dan smoga memberi manfaat kpd saya, barokallohufik, s.ware dpt kami unduh dah sdh bs dijlnkan...........

Anonymous said...

Outstanding, the post is really the sweetest on this worthwhile topic. I fit in with your conclusions and will eagerly look forward to your approaching updates. Saying thanks will not just be sufficient, for the exceptional clarity in your writing. I SEO Pakistan will immediately grab your rss feed to stay privy of any updates.

JahiL jENiUs said...

kalau add url gimana yah..?

Rain said...

mantap softwarenya.. thx yah

Post a Comment